Panduan Praktis Keliling MBK

MBK (Mahboonkrong) – Selain terkenal dengan wisata sejarah dan budaya, Bangkok juga terkenal dengan wisata belanja. Mall-mall dan tempat perbelanjaan menjamur di Bangkok. Mulai dari harga kaki lima sampai bintang lima bisa kita dapatkan di Bangkok. Salah satu mall favorit saya adalah MBK. Mall ini merupakan “the most visited mall” tidak hanya bagi saya tapi juga bagi para turis lainnya.

Mahboonkrong

MBK merupakan singkatan dari bahasa Thailand “Mahboonkrong”, jadi kalau kalian naik taksi atau tanya orang pakailah nama “Mahboonkrong”. Kebanyakan warga Thailand kurang mengenal nama MBK. Letak MBK sangat strategis dan dilewati oleh stasiun BTS. MBK juga berdekatan dengan mall lainnya seperti SIAM Discovery. Karena letaknya yang mudah dijangkau, MBK sering jadi tempat peristirahatan saya habis jalan-jalan. Atau kalau saya sudah hopeless nyari masjid dan makanan halal saya pasti langsung lari ke MBK :D. Oh ya perlu di ingat, mall ini hanya buka dari jam 10.00-22.00.

Mall ini terdiri dari 7 lantai dengan lebih dari 2000 toko didalamnya . Toko-toko tersebut menjual berbagai macam produk, mulai dari fashion, gadget, kamera, perhiasan, souvenir khas Thailand dan fasilitas lainnya. Masuk MBK, kita bisa membeli apa saja yang kita cari saking lengkapnya. Makanya MBK jadi tempat wajib bagi para wisatawan yang hobi belanja. Jangan heran kalau kita sering ketemu segerombolan ibu-ibu Indonesia yang lagi shopping disini. Yap, MBK jadi salah satu surga belanja buat wisatawan Indonesia 😀

Mahboonkrong

Salah satu jalan di MBK

Soal harga memang Pratunam dan Chatuchak masih lebih murah, namun untuk ukuran mall MBK sangatlah murah. Apalagi di beberapa toko kita masih bisa menawar harganya. Kelebihan lain belanja di MBK adalah MBK menyediakan fasilitas yang sangat memanjakan pengunjungnya. Kita gak perlu berpanas-panas atau berdesak-desakan seperti di Pratunam atau Chatuchak. Semua barang komplit dalam satu tempat. Setelah belanja, kita bisa langsung mengisi perut. Tinggal pilih yang sesuai selera :D. Mulai dari restoran khas Thailand, Jepang, Korea, Eropa, dan timur tengah semua lengkap ada disini.

Mau makan dengan budget yang lebih murah? MBK juga menyediakan food court dengan range harga yang bervariasi dan lebih merakyat. Jangan khawatir, ada makanan halal juga kok di MBK. Sepertinya pihak MBK tahu kalau wisatawan tidak hanya datang dari Eropa saja, tapi juga timur tengah yang kebanyakan muslim. Karena itulah di MBK juga ada tempat shalatnya. Gimana bikin gak tambah betah lama-lama di MBK?

Mahboonkrong

Foto diambil dari lantai 5 🙂

Karena MBK ini sangat besar, gak jarang banyak orang yang sering nyasar disini. Saya dulu pernah mau beli barang, tapi karena masih pengen liat yang lain akhirnya saya pergi dulu dari toko itu. Waktu saya mau balik lagi buat beli barang itu, tokonya malah gak ketemu 🙁 . Saran saya, kalau di MBK jangan lupa ambil peta MBK karena itu berguna banget buat keliling MBK. Nah, sekarang saya mau men-share sedikit panduan praktis jalan-jalan di MBK. Semoga bermanfaat 🙂

Pembagian Lantai di MBK

Jam buka mall : 10.00-22.00

Lantai 1 : Fashion dan super market.
Lantai 2 : Fashion, Aneka kerajinan dari kulit, Jalan dari dan menuju stasiun BTS
Lantai 3 : Fashion, Perhiasan, Jalan dari dan menuju stasiun BTS
Lantai 4 : Super market, Gadget, dan ATM/ Money Changer/Bank
Lantai 5 : International Food ( ada makanan halal), Furniture, Kamera
Lantai 6 : Food court ( ada makanan halal) , souvenir khas Thailand , Musholla, Tempat penitian barang
Lantai 7 : Bioskop, Museum 3D, Game center, restoran ( Sebagian besar restoran Jepang)

Kategori lantai di atas bukan mutlak, kadang dalam satu lantai ada campuran kategori lainnya. Contohnya, meskipun di lantai satu sebagian besar untuk fashion dan super market tapi kita juga bisa menemukan restoran atau toko gadget di lantai ini, hanya dalam jumlah yang lebih sedikit. Kalau mau dapat referensi gadget yang banyak, kita tetap harus pergi ke lantai 4.

Artikel Terkait : Tips Membeli Tiket Madame Tussauds

Tempat-tempat Penting di MBK

Tempat-tempat ini adalah tempat yang paling sering dicari dan dikunjungi oleh backpacker, khususnya muslim-backpacker.

1.Mushalla/Tempat Shalat  di MBK (Lantai 6)

Mushalla Mahboonkrong

Bagian luar Mushalla (sumber : dobelden.wordpress.com )

Tempat yang satu ini wajib banget buat para muslim-backpacker. Nyari masjid di Bangkok emang agak susah dan gak semua tempat wisata menyediakan tempat shalat. Mushalla di MBK ini bisa jadi alternatif tempat shalat kalau susah dapet masjid. Lokasi MBK yang strategis dan dilewati BTS lebih memudahkan kita untuk shalat disini, dibanding harus menyusuri gang-gang kecil untuk mencari masjid.

Mushalla di MBK terletak di lantai 6 dekat parkiran, tenang aja ada tandanya kok :D. Kalau masih bingung, kita bisa tanya sama petugas disitu. Biar lebih gampang tanyalah dengan menggunakan bahasa Thailand “hong lamaat” yang artinya ruang ibadah. Nanti petugasnya udah ngerti sendiri dan langsung menunjukkan tempatnya sama kita. Meskipun tempat shalatnya agak kecil, tapi cukup bersih dan nyaman untuk shalat. Tempat wudhu di dalam dan ada mukenanya kalau kita gak bawa.

Mahboonkrong

Bagian dalam mushalla

 2. Makanan Halal di MBK ( Lantai 5 dan 6)

Selain mushalla, makanan halal jadi tempat yang paling dicari oleh para muslim-backpacker. Jalan-jalan dengan perut kosong pasti bikin perjalanan kita gak asyik. Buat kalian yang gak mau susah-susah cari makanan halal, datang saja ke MBK. Pilihan makanan halal disana lumayan banyak, mulai dari restoran khas Thailand, timur tengah, sampai masakan Indonesia seperti sate juga ada :D. Makanan halal di MBK tersedia di lantai 5 dan 6. Kalau mau lebih gampang, datanglah ke lantai 5, karena suasananya tidak seramai food court di lantai 6.

yanna Mahboonkrong

sumber ; http://zlynn17.blogspot.com

Restoran muslim yang cukup terkenal disini adalah Yana Restaurant yang ada di lantai 5. Restoran ini menyajikan berbagai macam makanan khas Thailand dan timur tengah. Serunya lagi, ada pelayannya yang bisa bahasa Melayu. Jadi gak perlu susah-susah pesan makanan deh. Soal budget, Yana Restaurant ini agak sedikit mahal, karena sudah sekelas resto. Kalau mau lebih murah yang jelas ada di Food Court di lantai 6. Sebagai perbandingan, harga semangkok Tom Yum di Yana Restaurant adalah 80-125 Baht atau sekitar 30.000- 45.000 Rupiah, sedangkan di Food Court harganya cuma 50-60 Baht atau sekitar 18.000-21.000 Rupiah.

Mahboonkrong

Tom Yum Kung ( gak pedes) di Yana Restaurant

Kangen masakan Indonesia? Kalian bisa datang ke International Food di lantai 5 tepat di sebrang Yanna Muslim Restaurant. Ada stand makanan Indonesia bernama “Jimbaran Bali”. Saya pesan sate disini, kebetulan rasanya mirip hehehe. Setelah ngobrol-ngobrol sama kokinya, ternyata dia asli Bali dan sudah lama menetap di Thailand. Selain masakan Indonesia, ada juga makanan halal yang lainnya disini. Silahkan dipilih sesuai selera :). Untuk budget makan di International Food ini memang agak lebih mahal, rata-rata 100 baht keatas atau sekitar 36.000 rupiah

Mahboonkrong

Stand makanan Indonesia

Mahboonkrong

Sate rasa Bangkok 🙂

3. Tempat Penitipan Barang/ Tas di MBK ( Lantai 6 )

Mahboonkrong

Kalau tempat yang satu ini, pasti dicari oleh para backpacker seluruh dunia. MBK menyediakan fasilitas penitipan barang gratis. Letaknya ada di lantai 6 tepat di depan pintu keluar lift, jadi gak terlalu susah dicari.Saya sering lihat turis menitipkan koper disini, mungkin langsung datang dari bandara. Penitipan barang ini buka dari jam 10.00-22.00, kalau lebih dari jam 22.00 maka tas akan dikirim ke manager dan harus diambil dengan prosedur yang keliatannya lumayan ribet.

Mahboonkrong

Cara menitipkan barang disini cukup mudah. Kita tinggal mengisi form penitipan barang yang isinya nama, no passport, jenis barang yang dititipkan dan nilai nominal barang kita. Peraturannya, jangan titipkan barang berharga senilai lebih dari 3000 Baht atau sekitar 1 juta disini. Jadi, barang-barang yang sekiranya penting dibawa saja ya. Selesai mengisi formulir, tas kita dimasukkan ke dalam. Kemudian kita akan diberi kartu tanda penitipan, jangan sampai hilang ya, kalau hilang harus bayar 100 baht, kalau dirupiahkan jadi 36.000 rupiah . Nah, sekarang kita bisa jalan-jalan santai deh 😀

Mahboonkrong

Jangan hilang ya 😀

Cara Menuju MBK

1.BTS

Dari stasiun BTS terdekat, naiklah menuju stasiun National Stadium. Kemudian keluar menuju exit no 1. Nanti langsung ketemu MBK 🙂

2. Bis

– Bis Biasa (non AC) No. 15 ,25 ,29 ,34 ,36 ,47 ,48 ,50 ,73 ,93 ,204
– Bis AC No. 8 ,25 ,28 ,29 ,34 ,73 ,501 ,502

3. Kanal Boat

Naik kanal boat ke dermaga Saphan Hua Chang. Dari dermaga ini, jalan kaki sekitar 10 Menit ke MBK.

Keterangan :
-Harga di atas  bisa berubah sewaktu-waktu
-Saya pakai kurs 1 Baht = 365 Rupiah

13 Responses to “Panduan Praktis Keliling MBK”
  1. Muhammad Iman March 6, 2015
    • Nenk Phytlee March 6, 2015
  2. dekaes April 11, 2015
    • Nenk Phytlee April 13, 2015
    • Nenk Phytlee January 9, 2016
  3. indobanged January 29, 2016
    • Nenk Phytlee January 31, 2016
  4. Agus June 28, 2016
    • Nenk Phytlee July 14, 2016
  5. Sekolah Kapal Pesiar September 22, 2016
  6. syarah February 6, 2017
  7. dita f July 12, 2018

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.