Panduan Menggunakan BTS dan MRT di Bangkok

Panduan Menggunakan BTS dan MRT di Bangkok

sumber gambar : wikipedia.com

Sebagai kota backpacker-friendly, Bangkok punya banyak transportasi yang bisa kita pilih selama traveling disana. Mulai dari sepeda, ojek, tuk-tuk, taksi bis, sampai sistem transportasi modern ada di Bangkok. Salah satu transportasi favorit saya adalah BTS dan MRT. Kereta cepat yang digunakan untuk transportasi dalam kota ini jadi andalan saya selama keliling Bangkok. Kereta ini super nyaman dan cepat, walaupun dari segi budget emang agak mahal dibanding bis. Sayangnya, tidak semua objek wisata di Bangkok bisa di capai oleh BTS/MRT. Beberapa harus disambung pakai bis, tapi gak masalah kok, jalan-jalan pake BTS/MRT tetap jadi favorit saya πŸ™‚

Buat kalian yang pernah pergi ke Singapur atau Malaysia mungkin udah gak kaget lagi sama BTS/MRT. Tapi buat saya yang mengunjungi Bangkok dulu baru Malaysia, pakai BTS/MRT lumayan bikin grogi. Pertama kali nyoba naik BTS/MRT agak sedikit gugup dan takut, bingung cara beli tiket, masuknya, jalur-jalurnya, pokoknya bingung semua. Nah, berdasar pengalaman kemarin, saya ingin berbagi sedikit tips menggunakan BTS/MRT di Bangkok. Insyaallah tips ini juga bisa dipakai ketika menggunakan MRT di Singapura/Malaysia. Semoga bermanfaat πŸ˜€

Cara Membeli Tiket BTS/MRT

Ada 2 cara membeli tiket BTS/MRT, pertama bisa langsung beli di counternya. Kedua beli di mesin pembelian tiket. Berikut cara membeli tiket di mesin pembelian tiket

Cara Membeli Tiket BTS/MRT

Cara membeli tiket

1.Ubah bahasa dari Thailand ke Inggris, kecuali kalau sudah tahu bahasa Thailand ya :p. Tombolnya ada di pojok kanan.

2.Pilih stasiun tujuan, usahakan sebelum beli tiket kita sudah tahu stasiun tujuan kita. Setelah itu muncul harga tiket.

3.Masukan uang ke dalam mesin. Uang yang diterima hanya pecahan 100, 50, dan 20 untuk uang kertas. Untuk uang receh yang diterima hanya koin 10, 5, dan 1. Koin 2 Baht tidak diterima

4.Tunggu sampai proses pembelian selesai. Untuk BTS menggunakan kartu, sedangkan untuk MRT menggunakan token. Uang kembalian bisa diambil di bagian bawah mesin. Khusus untuk MRT, tempat mengambil kartu dan uang kembalian sama.

Cara Membeli Tiket BTS/MRT

sumber gambar : www.pattayaconcierge.com

Β Mesin pembelian tiket ada 2, ada yang khusus uang koin saja, ada yang menggunakan uang kertas. Kalau tidak punya uang koin bisa tukar di konter pembelian tiket. Harga tiket tergantung jarak antar stasiun :). Membeli tiket di mesin khusus uang koin agak sedikit berbeda. Kita tidak perlu menggunakan langkah-langkah di atas. Kita hanya perlu menekan tombol sesuai harga stasiun tujuan kita. Info harga tersedia di samping mesin.

Info Harga Tiket BTS/MRT

sumber gambar : www.thaivisit.org

Tips Saat Membeli tiket BTS/MRT

-Lihat dulu peta untuk memastikan stasiun tujuan.
-Pakailah uang kertas yang masih licin, uang kertas yang sudah lecek biasanya tidak akan diterima.
-Kalau uang kita masih licin tapi ditolak oleh mesin, coba ubah posisi saat memasukkan uangnya.
-Jangan berlama-lama di depan mesin pembelian, apalagi kalau banyak orang yang mengantri πŸ™‚

Jenis-jenis Tiket BTS

1. Single Journey Ticket

Single Journey Ticket

Keterangan :
-Berlaku untuk sekali jalan saja
-Harga tergantung stasiun tujuan

2.One-Day Pass Ticket

One-Day Pass Ticket

sumber gambar : bts.co.th

Keterangan :
-Harga 130 Baht
-Berlaku 1 hari saja, sampai jam 24.00
-Pemakaian unlimited selama hari pembelian
-Tiket tidak dapat diuangkan kembali

Memilih Tiket BTS yang Tepat

Bagaimana memilih tiket BTS yang tepat? Semua tergantung tempat tujuan wisata kita. Kalau tempat tujuan wisata kita adalah tempat-tempat yang dilalui BTS seperti MBK, Terminal 21, Platinum, Pratunam dll, maka One-Day Pass Ticket adalah pilihan terbaik. Tapi, jika tempat tujuan kita tidak bisa dilalui oleh BTS seperti Grand Palace, Wat Pho, Wat Arun dll, maka Single Journey Ticket lebih murah πŸ™‚

Cara Naik BTS/MRT

Setelah membeli tiket, kita tinggal berjalan menuju tempat keberangkatan kereta. Sebelum masuk akan ada mesin otomatis yang mengecek tiket kita. Kemudian masukan kartu BTS ke bagian bawah mesin, nanti kartu BTS akan keluar dari atas mesin. Untuk MRT tinggal tempelkan koin ke alat sensornya. Kalau berhasil nanti pintunya akan terbuka secara otomatis. Oh ya, tiket dan tokennya jangan sampai hilang ya, karena akan dipakai lagi untuk keluar stasiun.

Cara Naik BTS/MRT

Pintu masuk menuju tempat keberangkatan kereta

Cara Naik BTS/MRT

Cara Naik BTS/MRT

Ini yang MRT ( sumber : http://celina2609.files.wordpress.com )

Di stasiun BTS/MRT akan ada petunjuk jalur pemberangkatan kereta stasiun tujuan. Biasanya petunjuknya hanya akan merujuk pada stasiun akhir. Untuk menentukan jalur pemberangkatan kereta, kita tinggal lihat stasiun tujuan kita ada di jalur mana. Peta bisa dilihat dibalik kartu BTS, tapi kalau MRT harus lihat di peta yang dipasang di stasiun MRT. Berikut saya berikan ilustrasinya :

Cara Naik BTS/MRT

sumber : www.davestravelcorner.com

Saat ini kita sedang berada di stasiun BTS Asok E4 ( yang dilingkari garis kuning), kemudian kita ingin pergi ke stasiun BTS Thong Lo E6 (yang dilingkari garis kuning ). Maka petunjuk jalur pemberangkatan hanya akan ditulis β€œTo On Nut E9” dan β€œTo Mo Chit N8” ( yang dilingkari garis merah). Karena stasiun Thong Lo ada di jalur menuju stasiun BTS On Nut E9, maka kita berangkat dari jalur pemberangkatan β€œTo On Nut E9”.

Cara Naik BTS/MRT

Peta yang siap membantu kita πŸ™‚

Cara Naik BTS/MRT

Petunjuk menuju tempat pemberangkatan

Cara Naik BTS/MRT

Jalan menuju MRT

Kalau kereta sudah datang kita bisa langsung naik, tapi kalau belum datang silahkan ikut mengantri di jalur masuk kereta atau duduk di bangku stasiun. Selama berada di dalam stasiun dan kereta kita tidak diperbolehkan merokok, buang sampah sembarangan, makan dan minum. Awalnya, karena saya tidak tahu saya cuek aja makan dan minum. Eh ditegur sama petugas, duh malunya πŸ™ . Saat dalam kereta berikan tempat duduk pada orang tua, ibu hamil, dan biksu ( Ingat, biksu disini sangat dihormati) yang berdiri. Sedikit berbuat baik saat traveling tidak ada salahnya kan? πŸ˜€

Panduan Menggunakan BTS dan MRT di Bangkok

Dilarang makan, minum, merokok, dan buang sampah sembarangan

Panduan Menggunakan BTS dan MRT di Bangkok

Ngantri nunggu kereta

Panduan Menggunakan BTS dan MRT di Bangkok

Suasana dalam kereta

Panduan Menggunakan BTS dan MRT di Bangkok

Nebeng narsis, sambil nunggu BTS πŸ™‚

Panduan Menggunakan BTS dan MRT di Bangkok

Stasiun MRT πŸ™‚

Nah, sekarang kita sudah sampai di stasiun tujuan. Cara keluar stasiunnya sama kaya cara masuk, menggunakan kartu atau token. Tinggal masukkan token/kartu ke mesin di pintu utama, maka pintu akan otomatis terbuka sendiri :).

Tips Naik BTS/MRT

-Hindari pergi dengan BTS saat jam sibuk, yaitu pagi sekitar pukul 06.00-09.00 dan sore sekitar pukul 16.30-20.00
-BTS/MRT hanya beroperasi mulai pukul 06.00-23.00
-BTS/MRT adalah jalur orang-orang sibuk, usahakan jangan lama-lama jalannya :p
– Ketika mengantri di jalur masuk kereta, berdirilah di belakang garis kuning. Kalau lebih dari garis kuning kita bisa terserempet kereta.
– Antrilah yang rapi dan jangan menyerobot, kalau ada orang yang menyerobot jangan ikut-ikutan :D.
-Biarkan penumpang yang ada di dalam kereta untuk turun dulu, baru kita naik kereta.
-Kalau kereta sudah penuh, jangan maksa masuk ya. Tunggu saja kereta berikutnya, Insyaallah gak lama kok πŸ˜€
-Foto-foto kalau lagi sepi lebih bagus πŸ˜€
-Kalau masih bingung soal jalurnya, tanya saja pada petugas. Mereka akan dengan senang hati membantu kita
-Kadang-kadang kita bisa salah naik jalur kereta. Jangan panik, berhenti saja di stasiun selanjutnya. Ganti jalur dan jangan lupa tanyakan pada petugas untuk memastikan.

Cara Pindah dari BTS ke MRT atau Sebaliknya

BTS dan MRT adalah 2 sistem transportasi yang sebenarnya berbeda. Persamaannya adalah mereka sama-sama kereta dalam kota. Sedangkan perbedaannya adalah dalam soal manajemen dan jalur operasionalnya. BTS merupakan kepanjangan dari Bangkok Mass Train System dan jalur operasionalnya ada di atas jalan raya. Sedangkan MRT adalah Mass Rapid Transportation, lebih gampangnya kita sebut β€œunderground train” karena jalur operasionalnya ada di bawah tanah.

Meskipun jalurnya berbeda, kita tetap bisa menyambung BTS ke MRT. Ada stasiun BTS tertentu yang jalurnya terhubung dengan MRT atau sebaliknya. Kalau kalian menemukan tanda β€œM” di satu stasiun, artinya jalur tersebut terhubung dengan MRT. Hal ini berlaku juga buat kalian yang ingin pindah jalur dari MRT ke BTS

Panduan Menggunakan BTS dan MRT di Bangkok

Tanda “M” artinya terhubung jalur MRT (sumber gambar : www.davestravelcorner.com)

Jalur di BTS

Karena jalur BTS ada di atas tanah ( wagu ya hehehe), BTS punya jalur yang lebih luas dibandingkan MRT. Contohnya, BTS terhubung dengan dermaga Saphan Taksin yang akan menghubungkan kita dengan Chao Praya Express Boat. Di stasiun BTS Phaya Thai, kita bisa terhubung dengan airport link untuk menuju bandara. Lebih jelasnya kita lihat peta ini :

Panduan Menggunakan BTS dan MRT di Bangkok

sumber : bts.co.th

BTS sendiri punya 2 jalur. Pertama Sukhumvit Line dari stasiun Mo Chit ke Bearing dan kedua Silom Line dari stasiun National Stadium ke Bang Wa. Lebih jelasnya, kita lihat gambar ini lagi :

Panduan Menggunakan BTS dan MRT di Bangkok

Jalur warna hijau muda adalah Sukhumvit Line dan jalur yang hijau tua adalah Silom Line (sumber : www.davestravelcorner.com)

Kadang-kadang, stasiun tujuan kita ada di jalur yang berbeda. Misal saat ini kita ada di jalur Silom Line dan stasiun tujuan kita ada di Sukhumvit Line, maka kita harus melakukan interchange atau pindah jalur. Interchange ini hanya ada di stasiun SIAM. Bagaimana cara melakukan interchange? Jangan khawatir , interchange itu cuma pindah jalur kok. Contohnya di stasiun asal kita naik dari pintu sebelah kiri, maka saat di stasiun SIAM kita akan keluar dari pintu kanan (berlaku sebaliknya). Kemudian lanjut naik kereta lagi untuk menuju stasiun tujuan kita. Yuk, kita lihat ilustrasinya lagi :

Panduan Menggunakan BTS dan MRT di Bangkok

sumber gambar : www.davestravelcorner.com

Saat ini kita berada di stasiun Surasak S5 ( dilingkari garis kuning) dan akan menuju ke stasiun Thong Lo E6. Maka kita ambil jalur pemberangkatan ke National Stadium W1 ( dilingkari garis merah), ketika sampai di stasiun SIAM turunlah dan ambil jalur pemberangkatan On Nut E9, kemudian turun di stasiun Thong Lo. Sebelum sampai di stasiun SIAM, nanti akan ada pemberitahuan tentang interchange dan keluar dari pintu mana. Pemberitahuannya dalam bahasa Inggris, jadi dengerin baik-baik ya hehehe. Kalau gak sempet denger, ikut aja penumpang yang turun di SIAM.

Wah, lumayan banyak juga ya postingan kali ini. Gimana gampang kan naik BTS/MRT? Awal-awalnya emang agak susah, tapi kalau sudah terbiasa pasti bakal ketagihan hehehe.Β  Selamat berkeliling Bangkok dengan BTS dan MRT!

.

31 Responses to “Panduan Menggunakan BTS dan MRT di Bangkok”
  1. DIAN December 1, 2015
    • Nenk Phytlee December 21, 2015
  2. Irfan January 6, 2016
    • Nenk Phytlee January 9, 2016
  3. Yogi January 10, 2016
    • Nenk Phytlee January 18, 2016
      • Pei May 25, 2017
  4. Ronny January 19, 2016
    • Nenk Phytlee January 21, 2016
  5. Kasmahirah January 21, 2016
  6. indobanged January 29, 2016
    • Nenk Phytlee January 31, 2016
  7. Aditya Purba February 21, 2016
    • Nenk Phytlee February 23, 2016
  8. Cynthia Carolina April 27, 2016
    • Nenk Phytlee May 16, 2016
  9. eka doni May 1, 2016
    • Nenk Phytlee May 16, 2016
  10. hendra May 12, 2016
    • Nenk Phytlee May 16, 2016
  11. hendra permadi May 16, 2016
    • Nenk Phytlee May 16, 2016
  12. rdnt May 23, 2016
  13. miss July 25, 2016
    • Nenk Phytlee July 26, 2016
  14. oyik September 16, 2016
  15. Jeff February 16, 2017
  16. windi November 29, 2017

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.