Naik Kereta Api ala Thailand

2015-01-08-19-19-07_deco

Kereta api merupakan salah satu transportasi favorit bagi kebanyakan orang. Hampir semua negara mempunyai si ular besi ini. Kereta api biasanya menjadi alternatif pilihan karena nyaman dan harganya terjangkau. Sebagai salah satu pecinta kereta api, saya lumayan sering menggunakan jasa kereta api. Entah itu untuk mudik, jalan-jalan atau backpacking-an. Kebetulan sekali Thailand punya kereta api sebagai alat transportasi umum. Saya tidak menyia-nyiakan kesempatan naik kereta api di Thailand yang sedikit berbeda dari Indonesia.

Kenapa bisa beda? Secara fisik, semua kereta api pasti punya bentuk yang sama. Memanjang seperti ular dan berjalan di atas rel. Perbedaannya hanya ada di tipe kelas yang ditawarkan saja. Kalau di Indonesia kelas kereta api hanya tersedia kereta duduk saja, sedangkan di Thailand di sediakan juga kereta tidur bahkan kereta kamar. Tentu saja naik kereta tidur jadi pengalaman yang baru dan asyik buat saya. Saya sampai ketagihan naik kereta tidur hehehe. Seperti apa kelas kereta api Thailand yang lain? Berikut akan saya share pengalaman saya naik kereta api ala Thailand.

Tipe Kelas Kereta Api Thailand

1.Kereta api kelas 3

2015-01-07-20-34-18_deco
Kereta kelas 3 ini sama dengan kereta api ekonomi yang ada di Indonesia dulu. Kereta ini tidak ber-AC dan hanya mengandalkan angin dari jendela. Artinya kalau siang panas banget dan kalau malam dingin banget. Susunan kursi penumpang 2-2 atau 2-3 dan saling berhadapan. Posisi kursi tidak bisa diubah-ubah alias permanen. Agak kurang nyaman untuk perjalanan jarak jauh. Sayangnya tidak ada colokan listriknya :(. Fasilitas lainnya adalah ada kereta makan dan toilet. Meskipun kereta kelas 3 keretanya cukup bersih, toiletnya juga lumayan terawat. Tidak ada istilah penumpang berdiri atau duduk di pintu gerbong karena penuh. Semua penumpang diberi nomer kursi (kecuali untuk perjalanan jarak dekat). Sama seperti di Indonesia, banyak pedagang yang menjajakan dagangannya.

2015-01-07-19-56-21_deco

Kereta api kelas 3 di malam hari 🙂

2.Kereta api kelas 2

Cukup banyak pilihan di kereta api kelas 2, karena kereta kelas 2 masih terbagi-bagi lagi menjadi beberapa tipe. Berikut tipe-tipenya :

a.Kereta duduk (Fan / AC )

Tipe pertama adalah tipe kelas kereta duduk dengan susunan kursi 2-2 dan searah. Kereta ini mirip dengan kereta eksekutif di Indonesia. Kita bisa pilih mau yang ber-AC dan tidak. Posisi kursi bisa diubah-ubah sehingga kita bisa memilih mau berhadapan dengan kursi lain atau tidak. Selain itu sandaran kursi juga bisa diturunkan atau dinaikkan. Jarak antara kursi depan dan belakang juga cukup luas. Terdapat fasilitas toilet dan kereta makan, tapi tidak ada colokan listrik.

2015-01-08-19-19-07_deco

Kereta kelas 2 Fan

b. Kereta tidur (Fan)

2015-01-07-18-24-12_deco

Suasana malam hari di kereta tidur kelas 2

Tipe kedua adalah kereta tidur dengan kipas angin. Jika masih siang maka posisi kursi seperti kereta kelas 3, tapi jika sudah malam akan ada petugas yang dengan cekatan mengubah kursi menjadi tempat tidur. Tersedia 2 pilihan tempat tidur, atas dan bawah. Di setiap ranjang terdapat lampu baca dan tirai. Selain itu kita akan diberi selimut dan bantal.Fasilitasnya masih sama seperti kelas kereta sebelumnya, toilet dan kereta makan, tapi tidak ada colokan listrik.

2015-01-07-20-34-43_deco

Kereta kelas 2 Fan

c. Kereta tidur (AC)

Tipe kereta kelas 2 yang terakhir adalah kereta tidur AC. Pada dasarnya kereta ini sama dengan kereta tidur fan, hanya bedanya kereta ini ber-AC. Kalau perjalanan malam lumayan dingin juga :D. Fasilitas lainnya adalah kereta makan, toilet, dan kamar mandi. Terdapat 2 toilet dalam kereta ini, toilet duduk dan jongkok. Untuk colokan listrik tergantung keberuntungan kita. Kalau lagi beruntung kita bisa dapet tempat duduk yang ada colokan listriknya, tapi kalau gak ya berarti harus terima apa adanya hehehe.

2015-01-07-20-35-05_deco

Suasana di kereta kelas 2 AC

2015-01-07-20-35-24_deco

Toilet kelas 2 AC

Di kereta tidur kelas 2 AC ada gerbong khusus anak dan wanita, laki-laki tidak boleh masuk kesini. Bahkan sampai petugasnya pun perempuan. Gerbong ini mulai diadakan semenjak kasus pembunuhan seorang remaja perempuan di kereta yang mengakibatkan phobia bagi para traveler wanita. Untuk tetap memberikan rasa aman, pemerintah Thailand langsung membuat gerbong ini. Jadi kalau kita merasa tidak nyaman ada di gerbong campuran, gerbong khusus anak dan perempuan bisa jadi pilihan. Bilang saja saat pesan tiket 🙂

2015-01-08-18-54-57_deco

Spanduk kereta khusus wanita dan anak-anak

2015-01-07-19-56-46_deco

Papan petunjuk dalam kereta

2015-01-07-20-35-54_deco

Laki-laki dilarang masuk !!

3.Kereta api kelas 1

2015-01-07-18-22-32_deco
Kelas kereta yang terakhir adalah kereta api kelas 1. Naik kereta ini rasanya kaya pindah hotel, karena kereta ini berbentuk kamar. Dalam satu kamar terdapat 1 ranjang atas dan bawah. Kalau kita memilih ranjang bawah, maka ranjang atas kita akan diisi oleh orang lain begitu juga sebaliknya. Artinya kita akan sekamar dengan orang lain. Kalau tidak mau sekamar dengan orang lain, kita bisa memilih private room dengan biaya tambahan. Kelebihan lainnya, kalau kita pesan 2 kamar kita bisa menggabungkannya jadi 1. Di setiap kamar ada pintu yang menghubungkan dengan kamar sebelahnya. Kereta ini cocok banget buat keluarga yang pergi bareng.

2015-01-08-18-56-38_deco

Suasana dalam kamar private room

2015-01-08-18-52-55_deco

Pintu yang menghubungkan antar kamar

Fasilitas lain yang disediakan di kereta ini cukup lengkap, mulai dari wastafel pribadi, colokan listrik, lampu baca, gantungan baju,bantal, selimut, handuk, sabun dan air minum. Toilet dan kamar mandi berada di luar kamar dan digunakan bersama penumpang lainnya. Terdapat 2 toilet, toilet duduk dan jongkok. Kalau ingin mandi, tersedia shower sekaligus heaternya.

2015-01-07-18-20-16_deco

Toilet di kereta kelas 1

2015-01-07-20-35-40_deco

Suasana di luar kamar kereta kelas 1

Informasi Lain Tentang Kereta Api di Thailand

  • Semua kereta kelas tidur disediakan tirai, selimut, dan lampu baca
  • Kereta api kelas 3 berhenti di setiap stasiun kecil
  • Ada 3 jenis kereta di Thailand yaitu Rapid, Express, dan Special Express :
    – Kereta Rapid biasanya terdiri dari gerbong kereta kelas 3, kelas 2 ( kereta duduk fan, kereta tidur fan, dan kadang-kadang kereta tidur AC)
    – Kereta Express biasanya terdiri dari gerbong kereta kelas 3, kelas 2 ( kereta duduk fan dan AC, kereta tidur fan dan AC)
    – Kereta Spesial Express biasanya terdiri dari gerbong kereta kelas tidur kelas 2 AC dan kereta kelas 1
  • Harga tiket kereta api termurah adalah kereta Rapid dan yang termahal adalah spesial Express. Contohnya, harga kereta tidur kelas 2 AC di kereta Rapid lebih murah dibandingkan kereta tidur kelas 2 AC di kereta Express.

Tips Memilih Kelas Kereta Api Thailand

  1. Untuk perjalanan malam atau lebih dari 5 jam ambilah minimal kereta tidur kelas 2 fan, agar tubuh kita bisa beristirahat dan bisa langsung beraktifitas keesokan harinya. Untuk perjalanan kurang dari 5 jam bisa menggunakan kereta kelas 3.
  2. Kalau tidak kuat dingin pilih yang fan saja, malam hari di kereta sangat dingin. Kecuali kalau kita pilih private-room yang AC-nya bisa kita atur sesuka hati.
  3. Ranjang bawah harganya lebih mahal daripada ranjang atas. Kelebihannya, di ranjang bawah ada jendela dan sedikit lebih luas daripada ranjang atas. Tinggal pilih yang sesuai selera.
  4. Kalau kita tipe orang yang sering bolak-balik toilet, tidurnya banyak gerak, atau phobia ketinggian disarankan pilih ranjang bawah. Sebaliknya kalau kita orangnya gak takut ketinggian dan gampang tidur, pakai ranjang atas saja tidak apa-apa 🙂
  5. Pilihlah nomor kursi yang ada di tengah kereta, jangan yang dekat pintu keluar gerbong. Guncangan kereta akan lebih terasa kalau kita duduk/tidur di dekat pintu keluar gerbong.
  6. Saat malam hari, sekitar pukul 7, akan ada petugas yang membereskan tempat tidur kita. Biasanya akan ada kesepakatan antara penumpang ranjang atas dan bawah untuk waktu tidur.

Tips Naik Kereta Api Thailand

  1. Waktu perjalanan kereta api di Thailand lebih lama daripada bis. Sebagai perbandingan perjalanan Hat Yai – Bangkok memakan waktu 16 jam dengan kereta, sedangkan naik bis hanya menghabiskan waktu 10-11 jam saja. Selain itu kereta sering sekali datang terlambat. Kalau waktu backpacking kita terbatas, maka sangat tidak disarankan naik kereta. Lain halnya kalau kita punya banyak waktu dan ingin menikmati perjalanan, kereta api bisa dijadikan pilihan yang sangat tepat.
  2. Tiket kereta api di Thailand tidak bisa di-booking online melalui situs resminya. Jadi kita harus beli on the spot, resikonya kita bisa kehabisan tiket. Ada situs untuk booking kereta di Thailand seperti thailandtrainticket.com, tapi kita harus membayar biaya tambahan. Saat high-season kereta tidur untuk tujuan populer seperti Hat Yai dan Chiang Mai biasanya penuh.
  3. Kalau sudah dapat tiket, datanglah ke stasiun minimal 30 menit sebelumnya. Hal ini untuk mencegah ketinggalan kereta. Meskipun di beberapa stasiun kereta sering terlambat, tapi kalau berangkat dari Bangkok kereta sangat tepat waktu.
  4. Kereta hanya berhenti sekitar 5-10 menit di satu stasiun untuk menaikkan penumpang. Jadi begitu kereta datang kita harus cepat naik. Jangan lupa tanyakan pada petugasnya apa kereta yang akan kita naiki sudah benar atau belum.
  5. Kalau ingin berhemat, bawalah bekal sendiri. Harga makanan di atas kereta lebih mahal 2x lipat dari biasanya.

Daftar Harga Tiket Kereta Api Thailand

Contoh daftar harga tiket kereta api ini saya ambil dari situs resmi kereta api Thailand. Lebih lengkapnya bisa langsung cek di www. railway.co.th .

jpegfket :
dengan kurs 1 baht = 365 Rupiah.

5 Responses to “Naik Kereta Api ala Thailand”
  1. wafa February 16, 2016
    • Nenk Phytlee February 23, 2016
  2. Alexander Glenn January 7, 2017
  3. Farhel borneo April 24, 2017
  4. wid May 21, 2018

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.