Naik Bis dari Kuala Lumpur (KL) ke Hatyai

Dari dulu saya suka penasaran gimana ya rasanya perjalanan lintas negara jalur darat? Soalnya saya tinggal di pulau Jawa yang harus naik pesawat ke luar negri hihi. Alhamdulillah, akhirnya saya dapat kesempatan buat ngerasain perjalanan lintas negara jalur darat, naik bis dari Kuala Lumpur (KL) ke Hatyai. Ternyata rasanya sama aja kaya perjalanan Yogya-Bandung (ya iyalah di bis tidur haha), bedanya saya harus turun buat cap paspor dan gotong-gotong tas.

Pertama kali naik bis dari Kuala Lumpur (KL) ke Hatyai rasanya deg-deg an banget, baca pengalaman orang di blog katanya imigrasi darat lebih serem dari imigrasi bandara. Ada yang ketinggalan bis, ada yang tas nya dibawa kabur dll. Tapi Alhamdulillah perjalanan saya lancar jaya :D. So kali ini saya mau sharing tentang cara-cara naik bis dari Kuala Lumpur (KL) ke Hatyai.

  1. Beli Tiket
    img20160920211608

    Sebelum naik bis yang pasti kita harus beli tiket dulu dong yaah. Tiket bisa di beli langsung di terminal Puduraya atau pesan online. Kalau beli online nanti tiket harus di tukar lagi di counter tiketnya. Counter tiket bis ada di lantai 2, kalau musim liburan biasanya terminal bakal penuh banget dan banyak calo yang nawarin tiket. Gak usah tergoda sama rayuan calo, langsung aja dateng ke counter tiketnya dan beli disana langsung. Harga tiket resmi biasanya sektar 50-60 RM, tapi kalau calo jualnya 80-90 RM, ngeri kaan? Saya pernah dikata-katain calo gara-gara nolak beli tiket di dia, bodo amat ah saya mah jalan lurus ke counter tiketnya aja.

    img20150502205145

    Tempat beli tiketnya kaya mau beli tiket bioskop yaah hihi

  2. Tunggu di Ruang Tunggu
    Urusan tiket udah selesai? Kita tunggu di ruang tunggu, kalau masih punya waktu banyak bisa jalan-jalan dulu keliling KL. Tapi kalau mau nunggu di ruang tunggu juga enak kok, apalagi ruang tunggu-nya udah wifi area. Kalau sudah mendekati jam berangkat bisa tunggu di dekat platform masuk bis.

    img20150502221422

    Nunggu di deket platform

  3. Naik Bis
    Sebelum naik bis cek dulu no platform yang ada di tiket. Bis berangkat dari lantai dasar, jadi kita harus turun dulu ke bawah lewat platform itu, hati-hati jangan salah masuk platform karena bis akan parkir sesuai platform. Kalau salah masuk platform, kita bakal susah nyari bisnya. Begitu sampai bawah, cek no plat bisnya dan sesuaikan dengan yang ada di tiket, meskipun kadang-kadang di tiket gak dicantumin no plat bisnya. Nah, biar lebih yakin tanya aja sama kernet bisnya. Kadang-kadang ada juga petugas bis yang aktif manggilin penumpang di ruang tunggu, kalau kaya gitu mah kita tinggal ikut kernet bisnya aja.
  4. Kadang Istirahat, Kadang Tidak
    Kadang-kadang bis berhenti untuk istirahat, tergantung supirnya sih. Saya pernah naik bis dari KL ke Hatyai yang kerjaannya istirahat terus, tapi pernah juga yang gak istirahat sama sekali. Yang jelas kalau istirahat, makanannya bayar sendiri karena gak ada fasilitas makan gratis hehe.
    Saran : Beli makanan sendiri lebih menghemat daripada jajan di tempat peristirahatan.
  5. Berhenti di Imigrasi Malaysia
    Karena ini perjalanan lintas negara, otomatis kita harus berhenti dulu buat cap paspor dll. Border Malaysia ada di daerah Bukit Kayu Hitam. Semua penumpang wajib turun dan wajib membawa tas untuk di scan. Disini kita harus gerak cepat, karena bis sudah menunggu. Biar gak bingung, ikuti aja penumpang lain.
    Saran : Harus gerak cepat karena Imigrasi Malaysia galak banget!
  6. Berhenti di Imigrasi Thailand
    Selesai urusan di Imigrasi Thailand jangan tidur dulu karena kita masih harus melewati imigrasi Thailand di Danok. Biasanya sebelum masuk border kita akan dibagikan arrival card untuk diisi. Kadang-kadang ada juga bis yang berbaik hati mengisikan arrival card kita, jadi kernet bisnya minta kita untuk mengumpulkan passport. Tapi pernah juga saya ditipu kernet bis-nya, habis diisiin arrival card-nya malah diminta bayar 5 RM, mana waktu itu uang ringgit habis lagi, kezeel banget rasanya. Imigrasi Thailand bentuknya lebih kecil jadi antrian lebih mengular, apalagi kalau pas musim liburan duh kaya antri sembako. Sama kaya di Imigrasi Malaysia kita juga harus scan barang. Selessai cap passpor dll segera menuju bis yang biasanya menunggu di parkiran belakang imigrasi.
    Saran :
    -Ikuti antrian penumpang yang satu bis dengan kita, kalau antriannya banyak biasanya prosesnya lebih lama. Kalau kelamaan biasanya kita suka ditinggal sama bisnya, tapi udah-mudah an dapet bis yang baik hati.
    – Arrival Card  jangan sampe hilang, kalau itu hilang kita gak bisa keluar Thailand (pengalaman temen saya)

    img20150503064252

    Arrival Card yang sudah diisikan oleh kernet bis

    img20150503064150

    Yang harus diisi sendiri

  7. Turun di Lee Garden
    Urusan imigrasi udah selesai semua, waktunya nerusin perjalanan dan bobo cantik. Sekitar 1 jam an lagi kita akan sampai di kota Hatyai. Biasanya penumpang akan diturunkan di daerah Lee Garden di pusat kota Hatyai yang Alhamdulillahnya banyak hotel dan restoran hehe. Welcome Hatyai!

Review Bis KL-Hatyai

Selama ini saya baru nyoba 3 bis, Alisan Golden Coach, Konsortium dan satu lagi lupa namanya, tapi paling suka sama Alisan Golden Coach. Bisnya enak, luas dan nyaman. Beberapa kali naik bis Alisan jarang kecewa, kernet bisnya helpful dan jarang ninggal penumpang hehe. Pernah sekali kecewa sama bis Alisan gara-gara telat berangkatnya jadi kita harus nunggu lama, tapi terbayarkan karena dapet bis yang enak. Ada stop kontak untuk cas HP, dikasih selimut dan kursinya bisa buat tidur hehe.

Nah, selamat jalan-jalan di Hatyai!!!

6 Responses to “Naik Bis dari Kuala Lumpur (KL) ke Hatyai”
  1. Naufal December 24, 2016
  2. Kurniawan Prasetyo March 20, 2017
  3. Marsilla Dewi September 10, 2017
  4. Luthfiana October 15, 2017
  5. Luthfiana October 15, 2017
  6. iBas November 1, 2017

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.