Stasiun Kereta Hat Yai Junction

2015-01-14-18-15-01_deco

Halo hijab-backpackers!

Setelah kemarin saya membahas tentang kereta api di Thailand, kali ini saya akan membahas tentang stasiun kereta Hat Yai atau Hat Yai Junction. Para backpacker yang pernah melakukan jalur darat dari Malaysia ke Thailand dengan kereta api, pasti akan melewati stasiun ini. Hat Yai Junction merupakan salah satu stasiun andalan para backpacker. Selain dijadikan tempat singgah, stasiun ini juga menjadi tempat berangkat yang strategis bagi para backpacker yang ingin menjelajah Thailand dengan kereta api.

Lokasi Hat Yai Junction cukup strategis karena terletak di pusat kota Hat Yai. Stasiun ini dekat dengan mall Robinson dan Lee Garden yang menjadi salah satu surga belanja di Hat Yai. Untuk mencapai ke dua tempat ini kita hanya perlu berjalan kaki sekitar 10-15 menit dari stasiun. Sambil menunggu keberangkatan kereta selanjutnya, kita bisa menghabiskan waktu di dua tempat tersebut.

2015-01-14-13-52-31_deco

Ruang tunggu Hat Yai Junction

Loket pembelian tiket

Loket pembelian tiket di Hat Yai Junction

Karena sering dikunjungi oleh para wisatawan, Hat Yai Junction sudah menyediakan fasilitas umum yang lumayan lengkap. Stasiun ini menyediakan toilet beserta kamar mandi, tempat penitipan barang dan tempat shalat. Sayangnya di stasiun ini belum tersedia food court, tapi tenang saja banyak pedagang makanan ringan yang berjualan di dalam stasiun. Dibawah ini, akan saya bahas satu persatu tentang fasilitas yang ada di Hat Yai Junction.

Loket Booking Tiket

Karena tiket kereta api di Thailand susah di booking online, maka kita cuma bisa beli di stasiun langsung. Hat Yai Junction menyediakan loket khusus untuk booking tiket. Loket ini buka mulai pukul 06.00-17.00. Jangan khawatir kalau loket booking tiketnya tutup, karena kita masih bisa booking lewat loket biasa.

2015-01-14-18-04-28_deco

Toilet dan Kamar Mandi

Tersedia toilet berikut shower kalau kita ingin mandi disini. Toilet ini hanya buka mulai pukul 06.30-18.30. Untuk toilet kita cukup membayar 3 Baht saja, sedangkan untuk kamar mandi kita harus membayar 10 Baht.

2015-01-14-17-57-30_deco

Salah satu shower room di Hat Yai Junction

Musholla

Musholla di Hat Yai Junction terletak di pojok kanan setelah pintu masuk stasiun. Mushollanya kecil tapi bersih, tersedia tempat wudhu di dalam musholla. Kalau tidak bawa mukena, ada mukena yang bisa kita pakai di dalam. Musholla ini buka sepanjang hari, kita bisa numpang istirahat sebentar disini.

2015-01-14-18-02-23_deco

Musholla di Hat Yai Junction

Penitipan Barang

Salah satu fasilitas yang paling dicari backpacker adalah penitipan barang. Untungnya Hat Yai Junction menyediakan fasilitas ini. Buat kalian yang mau keliling kota Hat Yai tanpa mau ribet bawa ransel boleh kok dititip disini :). Konter penitipan barang hanya buka mulai pukul 05.00-20.00. Untuk tas besar kita harus membayar 50 Baht atau sekitar 18.000 rupiah, sedangkan untuk tas kecil kita cukup membayar 30 Baht atau sekitar 10.000 rupiah. Saya sendiri kurang tahu ukuran besar dan kecilnya seperti apa, mungkin tergantung mood penjaganya hehehe.

2015-01-14-13-55-19_deco

Tempat penitipan barang di Hat Yai Junction, sebelahnya tempat pengiriman barang via kereta

Cemilan Halal

Meskipun tidak ada food court, di Hat Yai Junction, kita masih bisa beli cemilan ringan. Sebenarnya gak terlalu ringan sih, karena cemilan yang saya maksud adalah ayam goreng, sosis, dan nasi ketan. Nah lumayan kan buat ganjel perut? Harga ayam goreng berikut nasi ketannya cukup bervariasi. Sepotong ayam goreng dijual seharga 30-50 Baht atau sekitar 10.000-18.000 rupiah. Saran saya carilah pedagang yang sudah menempel harga di stand jualannya, karena kalau tidak bisa dikasih harga yang mahal. Selain ayam dan sosis, ada juga minuman, chiki, dan cemilan ringan lainnya.

2015-01-14-17-59-28_deco

Supermarket dan Toko Buku

Kalau kita gak mau bosan di kereta, kita bisa membeli buku atau majalah di Hat Yai Junction. Meskipun rata-rata berbahasa Thailand, di toko buku ini tersedia juga beberapa majalah dan koran berbahasa Inggris. Letak toko bukunya bersebelahan dengan penitipan barang. Di sebelah toko buku terdapat supermarket, sayangnya supermarketnya tidak terlalu lengkap dan harganya mahal. Kalau waktunya gak mepet, saya lebih suka beli-beli di mall Robinson yang dekat dengan stasiun.

Transportasi di Sekitar Hat Yai Junction

Keluar Hat Yai Junction, kita akan disambut oleh para sopir tuk-tuk dan ojek yang menawarkan jasa keliling kota Hat Yai. Belum banyak taksi yang mangkal di sekitar stasiun, tapi kita bisa mencegat taksi yang ada di jalan. Kalau kita pergi beramai-ramai, tuk-tuk bisa menjadi alternatif pilihan yang bagus. Biasanya harga tuk-tuk untuk keliling Hat Yai dipatok mulai dari 500-800 Baht atau sekitar 180.000- 290.000 rupiah. Jangan lupa ditawar dulu, siapa tau dapat diskon :D. Kalau kita pergi sendiri atau berdua mendingan naik ojek atau jalan. Lee Garden dan Pasar Gim Yong yang jadi pusatnya wisatawan di Hat Yai bisa dicapai dengan jalan kaki. Dari Pasar Gim Yong kita bisa melanjutkan perjalanan dengan naik songthew.

Objek Wisata Dekat Hat Yai Junction

Objek wisata yang dekat dengan stasiun Hat Yai adalah Lee Garden, Pasar Gim Yong dan Mall Robinson. Ketiga objek wisata ini bisa dicapai dengan berjalan kaki. Keluar Hat Yai Junction jalan lurus saja, di kanan jalan kita akan melihat mall Robinson. Mall ini memang agak sedikit kecil dan nyempil, jadi pintu masuknya susah terlihat. Kalau kita mau lanjut ke Lee Garden jalan lurus saja sampai melewati 3 perempatan , di perempatan ke-4 kita sudah sampai di Lee Garden :). Buat yang mau langsung menjelajahi kota Hat Yai dengan songthew, bisa lihat peta dibawah ini. Semoga membantu 😀

petahtyai

Keterangan :
– Garis berwarna kuning menuju tempat pemberhentian songthew
– Garis berwarna ungu menuju Lee Garden dan Gim Yong

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.