Cat-Per Backpacking Thailand #Part 2 : Welcome Chiang Mai!!

Masih di Cat-Per Backpacking di Thailand, akhirnya kami memulai backpacking seperti yang sudah kami rencanakan sebelumnya. Kami berangkat dari Hat Yai menuju Bangkok dengan kereta ekonomi seharga 259 baht atau sekitar Rp. 98.240. Mungkin karena namanya ekonomi yah, keretanya jadi molor dan molornya gak tanggung-tanggung 5 JAM!! Wah, alamat rencana kami untuk shalat Ied di Chiang Mai  terancam batal nih. Mungkin kalo kayak di film kartun-kartun gitu kami udah jamuran kali ya, saking lamanya nunggu. Akhirnya jam 8 malam kami baru berangkat, ya sudah yang penting kami bisa bilang  : “Good bye Hat Yai, Chiang Mai I’m coming! “.

Narsis dulu ma travelmates :)

Narsis dulu ma travelmates 🙂

Perjalanan Hatyai – Bangkok lumayan lama juga, bukan lumayan lagi deng tapi lama banget!! Karena tadi sempet molor, akhirnya kami baru sampai Bangkok jam 4 sore, dan ketinggalan kereta ke Chiang Mai jam 1 siang tadi. Kami memutuskan untuk melakukan perjalanan malam ke Chiang Mai dengan kereta 2nd class seated seharga 431 atau sekitar Rp. 163.780 jam 10 malam  dan dijadwalkan sampai jam 1 siang besok. Semoga gak molor deh. Amiiiiin. hehe. Sayangnya, kami harus melewatkan shalat Ied Adha kali ini, gara-gara kereta yang molor huhuhu. Rasanya gak lengkap kalau gak shalat, tapi mau gimana lagi keadaan yang gak terduga sih T_T

Welcome Bangkok!!

Welcome Bangkok!!

Sambil menunggu jam 10 kami memanfaatkan waktu untuk mandi, makan, foto-foto  dan beristirahat sejenak. Ruang istirahat kami adalah Mushola di lantai 2, enak kan hehe.  Disaat bule-bule lain duduk selonjoran di bawah kami tidur-tiduran di musholla. Setelah menunggu cukup lama akhirnya jam 10 yang kami tunggu juga, kami cepat-cepat masuk ke dalam kereta. Bagaimana suasana kereta kelas 2? Silahkan baca disini. Kereta berangkat tepat jam 10. Chiang Mai We’re coming!!

Di depan stasiun Hua Lamphong

Di depan stasiun Hua Lamphong

IMG20141004200150

Berangkaaaat (^O^)

Berangkaaaat (^O^)

Selama perjalanan ke Chiang Mai kami disuguhkan dengan pemandangan alam gunung, sawah,  hutan tapi gak ada pantai loh ya, kita kan menuju gunung hihihi. Katanya di Chiang Mai itu dingin, jadi saya udah siap-siap bawa jaket dari rumah. Sepanjang perjalanan para bule heboh foto-foto sendiri, apa yang di foto? ya sawah, lembah, dsb. Kalau saya sih agak kurang tertarik, soalnya di Indonesia lebih bagus kalo soal pemandangan kayak gitu. Ya pemandangan yang disuguhkan kira-kira kaya kalau kita naik kereta dari Bandung ke Yogya, isinya sawah, gunung dan lain-lainnya hehe.

Alhamdulillah, tepat jam 1 kereta sampai di Chiang Mai. Untung on time, rasanya saya udah bosen liat kereta, bayangin aj 32 jam saya habiskan waktu di kereta haha. Setelah sampai di Chiang Mai, kami pesan tiket dulu untuk ke Ayutthaya. Tiketnya seharga 565 baht atau sekitar Rp. 214.700, saya ambil yang sleeper class pengen nyobain hihihi. Selesai memesan tiket, kami langsung cari song thew (sejenis angkot ), supir song thew menawarkan kami 30 baht untuk di antar sampai penginapan.  Karena sudah capek dan malas menawar, akhirnya kami terima saja, harga normalnya sekitar 20 baht, beda 10 baht hehe.

Welcome Chiang Mai!!

Welcome Chiang Mai!!

Penginapan yang kami tempati bernama Tawan Guest House, terletak di luar kota tua dekat gerbang Tha Pae Gate, lebih detailnya ada di Tha Pae Road Soi 6 agak masuk gang sedikit. Kami mulai berjalan mencari penginapan tersebut, tapi kok gak ketemu-ketemu ya?sudah tanya orang tapi gak ada yang tahu, padahal kami sudah booking sebelumnya lewat telp. Akhirnya, kami menelpon pemilik penginapan dan dia bersedia menjemput kami. Alhamdulillah….Ternyata penginapan yang kami tempati tak jauh dari tempat kami menunggu dan kami sudah bolak-balik di depan penginapan itu berkali-kali. Jelas aja kami gak tahu penginapannya udah ganti nama jadi 1staywithme hoho, dasar mas nya ini.

Suasana depan hotel

Suasana depan hotel

Pemilik penginapannya ramah sekali, kayaknya sih dia keturunan China, soalnya sipit putih gitu hehe. Kami memesan kamar dengan 1 double bed dan 1 single bed, kipas angin, dan kamar mandi luar  seharga 450 baht atau sekitar Rp. 171.000, waw lebih murah dari tiket kereta saya!!Meskipun kamarnya cuma pake kipas angin, tapi nyaman banget, kami gak kepanasan sama sekali, lagian siapa sih yang mau pake AC di Chiang Mai, ntar juga adem sendiri hehe. 450 baht itu masih kami bagi ber 3, jadi masing-masing orang cuma bayar 150 baht atau sekitar Rp. 57.000 saja. Murah kan?hehe. Kami membayar untuk 2 malam.

Kamar hotel kami :)

Kamar hotel kami 🙂

Setelah mendapat kamar, kami langsung beres-beres dan istirahat, setelah itu kami akan bertualang mencari makanan halal dan keliling kota tua. Kami bergegas menuju tempat persewaan sepeda, sayangnya, tepat setelah kami menyewa sepeda dan mau jalan tiba-tiba hujan turun, duh sayang sekali  T_T.  Tapi dari pada sepeda yang sudah kami bayar 50 baht dan uang jaminan 2000 baht  itu sia-sia akhirnya kami memutuskan untuk jalan dengan menggunakan jas hujan.

Nekat nerobos ujan

Nekat nerobos ujan

Petualangan kami dimulai dengan mencari makanan halal, saya tulis sendiri di lain posting karena ceritanya khusus dan berkesan di hati saya *ceileh hihi. Kalau mau tau cerita lengkapnya silahkan baca “Alhamdulillah, Makan Gratis di Chiang Mai”. Selesai makan, perut saya udah mulai anteng, dari masjid kami langsung jalan lagi mengikuti insting saja tanpa peta dan GPS di HP. Kami sempat mampir di Wat Long Mook, bangunan Wat yang cukup artistik dan terkesan tua. Tidak seperti Wat lain yang di dominasi warna emas, Wat ini berwarna coklat tua mungkin karena terbuat dari kayu ya hehe. Karena hari sudah semakin gelap dan cahayanya kurang bagus buat foto-foto, kami melanjutkan perjalanan.

Match kan sama jaketnya?hehe

Match kan sama jaketnya?hehe

Di depan Wat Long Mook

Di depan Wat Long Mook

Kami sendiri gak tahu, ada di belahan Chiang Mai bagian mana, selama masih terlihat parit dan benteng artinya kami masih ada di kota. Saat di perjalanan kami malah nemu Anusarn Market dan Night Bazaar,  salah satu pasar yang lumayan terkenal di Chiang Mai, Thailand. Seperti pasar yang lainnya, Anusarn menjual baju, oleh-oleh dan berbagai macam barang lainnya.Ada juga kedai makan islam tapi tutup, ya buat referensi makan besok :D.

Gerbang Anussarn Market

Gerbang Anussarn Market

Suasana di Anussorn Market

Suasana di Anussorn Market

Dengan sepeda kami berkeliling di Anusarn dan menahan diri untuk tidak belanja, karena kami berencana belanja di Sunday Walking Market yang sangat terkenal itu. Setelah puas berkeliling Anusarn Market kami kembali ke tempat penyewaan sepeda untuk mengembalikan sepeda. Sebenarnya sepeda bisa di sewa 24 jam, tapi karena besok kami pergi ke Chiang Rai jadi kami harus mengembalikannya sekarang dan uang jaminan 2000 baht kami kembali yippii…saatnya belanja haha.

Shopping dulu yuuk :)

Shopping dulu yuuk 🙂

Sunday Walking Market adalah pasar yang paling terbesar dan terkenal di Thailand. Pasar terletak di belakang gerbang Tha Pae Gate, dekat dengan hotel kami ^^. Sesuai namanya, pasar ini hanya ada di hari Minggu saja. Barang-barang disana emang menggoda, barangnya unik-unik dan harganya bisa ditawar di bawah standard waw!!!  Tentu aja, sebagai cewek normal saya kalap abis! Gimana gak, semua lengkap banget, mulai dari baju, pashmina, celana, semua lengkap!! Saya sendiri akhirnya kebablasan belanja haha.  Yang pasti kalau kalian mau pergi ke Chiang Mai, siapkan dana untuk belanja ya, kalau gak cuma bisa nelen ludah aja liat barang yang lucu-lucu hehe. Review lengkapnya, silahkan baca tulisan saya yang ini “Kalap Belanja di Sunday Walking Market Chiang Mai” Selesai puas belanja dan udah capek (Pasarnya gede banget) kami akhirnya pulang dan beristirahat, karena besok,  pagi- pagi buta kami mau ke Chiang Rai . To be continued yah hehe.

Total Pengeluaran hari ini :

Tempat Keterangan Total
Baht Rupiah
Hatyai Tiket Hatyai-Bangkok 259 98420
Jajan 711 140 53200
Bangkok Tiket Bangkok-Chiang Mai 431 163780
Makan KFC+ice cream 74 28120
Jajan 711 80 30400
Mandi di stasiun 20 7600
Chiang Mai Tuk-tuk ke hotel 30 11400
Tiket Ayutthaya 565 214700
Hotel 2 N 300 114000
Sewa sepeda 50 19000
Jajan 711 100 38000
Belanja 480 182400
Total 2529 961020

Note : Kurs 1 Baht = 380 Rupiah

One Response to “Cat-Per Backpacking Thailand #Part 2 : Welcome Chiang Mai!!”
  1. raihaana February 14, 2017

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.