Backpacking Indochina Day #5 : Lucky !! Melihat Raja Lewat di Depan Grand Palace

IMG_20150615_081609

Sawatdee Ton Chai Bangkok!!!

Pagi ini kami masih ngehirup udara Bangkok yang puanasssss poll. Agenda kami hari ini, foto di Grand Palace, ke Wat Arun dan ke Masjid deket Wat Arun. Kami berangkat dari hotel jam 10, soalnya beres-beres dulu mau sekalian check-out. Habis itu kami makan di masjid Chakrabongse, andalan nih soalnya gak tau lagi tempat makan halal dimana. Saya sarapan dengan daging dan telor ( ukh berat banget yak sarapannya) dan tadaaaa sebanyak dan seenak itu cuma 35 Baht atau sekitar 14.000 Rupiah. Lumayan murah buat ukuran Bangkok hehehe.

SAM_0973

Bapak penjual makanan halal di dekat masjid Chakrabongse

IMG_20150615_081211

Sarapan pagi yang ruaaaarrrr biasa hohoho

Kami lanjut lagi ke Grand Palace, sebelumnya kami berhenti di depan lapangan luas sebelum Grand Palace, ngapain lagi kalau bukan foto-foto hehe. Untung waktu itu lapangan lagi sepi, wah serasa milik kami berdua deh hihi. Puas foto-foto kami lanjut ke Grand Palace, niatnya mau foto di depan tulisan “Grand Palace’.

SAM_0907

Gak tau kenapa tiba-tiba ada bule nyasar di belakang saya :p

IMG_20150615_081609

Jadi model dulu aaaahhh 😀

Sayangnya hari itu lagi ada acara, karena Grand Palace tutup dan dikawal ketat oleh polisi dan tentara. Penasaran, kami pun ikut-ikutan berdiri di pinggir jalan seperti warga lokal lainnya. Ternyata hari itu Raja sedang berkunjung ke Grand Palace dan warga sekitar sangat ingin melihat Raja. Sayang sekali waktu itu gak boleh foto, kalau ketahuan bisa kena bentakan kasar dari para tentara dan polisi yang berjaga. Daripada kena bentak, mending saya abadikan lewat hati saya aja deh *cieh* haha. Kami semua khyusuk menunggu, suasananya hening banget dan khidmat. Bertahun-tahun upacara menghormati sang Saka Merah Putih, saya malah baru merasakan suasana khidmat disini. Mengheningkan cipta mulai *loh*?

Lagi khusyuk-khusyuknya, tiba-tiba datang segerombolan turis China yang ribut teriak-teriak dan mengobrol ke sana kemari. Mereka gak sadar juga, padahal udah diperingatin sama tentara dan polisi. Hufffffffttt -_- Setelah menunggu agak lama, pistol ditembakkan, tandanya Raja sebentar lagi keluar. Semua orang langsung diam dan mengatupkan tangan di depan dada, persis kalau kita lagi lebaran dan mengucapkan “Selamat Hari Raya Idul Fitri” (kira-kira begitu lah) hehe. Benar saja, beberapa saat kemudian Raja keluar dengan menggunakan mobil. Para warga local langsung berseru-seru senang dalam Bahasa Thailand, bahkan sampai ada yang menangis. Waw, begitu cintanya mereka dengan Raja mereka. Salut!!!

Setelah Raja lewat, orang-orang pun membubarkan diri. Kami pun melanjutkan perjalanan menuju Wat Arun, jadilah sepanjang perjalanan itu tema kami tentang politik semua, mulai dari Korea Utara, Amerika, Kamboja, Vietnam, wah banyak deh pokoknya hehe. Begitu sampai di dermaga tempat penyebrangan ke Wat Arun, tiba-tiba hujan turun. Duh, padahal kami kan pengen berfoto pake baju khas Thailand di depan Wat Arun huhuhu. Sampai di Wat Arun, hujan tambah deras, karena temen saya pengen banget kami pun memaksakan diri. Saya menawar dalam bahasa Thailand, dapatlah kami 100 Baht (sekitar 40.000) untuk 1 baju. Ye…ye..lumayanlah hehe. Sayang, karena hujan kami tidak boleh berfoto di depan Wat Arun. Iya lah bu, siapa juga yang mau hujan-hujanan -_-. Akhirnya kami Cuma berfoto seadanya di tempat berteduh, kecewa sih tapi gimana lagi. Daripada gak dapet :(.Saran saya kalau mau berfoto coba survey tempat dan harga dulu, karena saya lihat ternyata ada tempat lain di sekitar kompleks Wat Arun untuk menyewa baju. Selain lebih banyak pilihan baju, kita juga bisa tawar harganya dulu.

SAMSUNG CAMERA PICTURES

Walau hujan menghadang kami tetap nekat menyebrang hihi

SAM_1009

Tadaa…inilah kami para hijab-backpacker dalam balutan busana khas Thailand *ceileh hihihi

Meskipun kami sudah selesai foto-foto, tapi hujannya belum berhenti. Kami ngopi cantik dulu di warung dekat Wat Arun. Begitu hujan reda kami menuju masjid yang ada di dekat Wat Arun. Menurut peta sih dekat, tapi ternyata jauh juga ya. Jalannya juga lumayan membingungkan, tapi Alhamdulillah kami sampai dengan selamat hehe. Nama masjidnya adalah Masjid Ton So. Menurut sejarah, masjid ini adalah masjid tertua di Thailand dan sudah berdiri saat kerajaan Thailand masih ada di Ayutthaya. Waw, lumayan lama ya. Masjidnya cukup besar dan tinggi, memang terkesan sedikit tua dan lama. Kami hanya berputar-putar di luar masjid, soalnya kami gak bisa masuk masjid. Padahal kami pengen shalat dzuhur dulu disana huhu. Akhirnya kami memutuskan pulang dan shalat dzuhur di Masjid Chakrabongse saja.

SAM_1043

Salah satu masjid yang bersejarah 😀

IMG_20150615_081456

Masjid Ton So dari depan

Rute pulang kami sama kayak waktu berangkat, dari masjid Ton So kami jalan ke Wat Arun dulu terus kami nyebrang ke daerah Grand Palace dulu, terus kami jalan kaki menuju Khaosan Road untuk shalat dan ambil tas. Kaki kami lumayan gempor juga bolak-balik hehe. Setelah shalat dan ambil tas, kami langsung cuss ke stasiun karena besok pagi kami harus ngejar kereta jam 06.00 pagi ke Kamboja. Kami memanfaatkan fasilitas musholla stasiun buat tidur malam nanti, maklum namanya juga backpacker kere hehehe. Selain hemat, kami gak mau ambil resiko ketinggalan kereta buat besok pagi. Suasana stasiun malam itu lumayan rame, ada beberapa orang yang tidur di stasiun juga. Tidur di musholla stasiun lumayan nyaman juga, meskipun agak kotor dan panas, apalagi waktu itu kipasnya mati -_-. Tapi lumayan lah buat tempat tidur gratis, ada karpet buat alas tidur juga hihi. Malam itu saya gak bisa tidur, karena deg-deg an mau masuk Kamboja yang terkenal harus diwaspadai……. Eh tapi temen saya malah udah bobo cantik dengan pulasnya. Duh !

IMG-20150610-WA0010

Beginilah nge-gembel ala-ala hijab-backpacker hihi. Lokasi : Musholla Hua Lamphong Railway Station Bangkok

Total pengeluaran hari ini :

Keterangan Baht IDR
Sarapan di Chakrabongse 35 14000
Minum 7 2800
Boat ke Wat Arun 3 1200
Sewa Baju di Wat Arun 100 40000
Kopi panas 40 16000
Boat nyebrang dari Wat Arun 3 1200
Bis Khaosan Road-Khuakwai 13 5200
Bis Khuakwai-Victory 13 5200
MRT Victory-Sala Daeng 31 12400
MRT Sala Daeng-Hua Lamphong 19 7600
Jajan di 711 70 28000
Total : 334 133600

 

Kurs 1 Baht : 400 Rupiah

4 Responses to “Backpacking Indochina Day #5 : Lucky !! Melihat Raja Lewat di Depan Grand Palace”
  1. syafrudin June 16, 2015
    • Nenk Phytlee June 22, 2015
  2. liburan June 18, 2015
    • Nenk Phytlee June 22, 2015

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.