Backpacking Indochina #Day 3 Hatyai : Permisi, Numpang Lewat :D

Welcome Thailand! Memasuki hari ke-3 backpacking Indochina. Hari ini saya nyampe Hat Yai, kota kecil di dekat perbatasan Malaysia dan Thailand. Emang niatnya gak banyak agenda di Hat Yai, karena persiapan buat muter-muter di Bangkok besok. Rencananya sih cuma numpang tidur, istirahat, sama tuker uang hehe. Oke deh kita lanjut ceritanya…

Jam 07.00 pagi bis yang saya naiki sudah ada di Danok (Border Malaysia dan Thailand). Disini kami harus turun untuk di cap paspor, periksa barang bawaan dsb. Begitu kami sampai, antriannya udah kaya ular. Waw, orang-orang niat amat nih jalan-jalan. Setelah mengantri agak lama, saya pun naik ke bis lagi. Sambil nunggu penumpang lain naik ke bis, saya jajan cemilan dulu di deket bis. Kami pun melanjutkan perjalanan lagi, saya sih ngelanjutin tidur, soalnya masih 1 jam perjalanan dari Danok ke Hat Yai.

Kami sampai di Hat Yai sekitar jam 8-an, sambil nunggu temen saya ke kamar mandi saya wi-fi an dulu di agen bis Alisan. Habis itu kami langsung menyerbu restoran halal depan agen bis Alisan. Duh laper banget bro hehe. Saya ambil prasmanan aja, kalau temen saya langsung pesen Tom Yam. Karena waktu itu meja penuh, saya harus ngantri buat dapet meja. Kebetulan saya satu meja dengan bapak-bapak asal Malaysia dan akhirnya kita ngobrol panjang x lebar x tinggi hoho. Intinya tentang hubungan antara Indonesia dan Malaysia πŸ˜€

IMG-20150529-WA0000

Ini nih Rocky restauant (Maaf, berhubung batreinya waktu itu habis, saya jadi pakai foto lama deh hehe)

Selesai chit chat, kami langsung menuju stasiun buat numpang mandi dan tidur di musholla stasiun hehe. Begitu nyampe musholla kami langsung tidur, pokoknya berasa di hotel deh hihi. Musholla kami sulap jadi tempat tidur se-PW mungkin, kebetulan waktu itu bukan jam shalat, jadi cuma kami disitu. Lagi asyik-asyiknya bobok cantik,tiba-tiba segerombolan turis Malaysia datang dan ndesel-ndesel kami. Mau gak mau kami harus berbagi deh, kan kita sama-sama backpacker kere hihi. Saya sempet basa-basi sebentar. Ternyata mereka baru aja jalan-jalan ke Phuket dan sore ini mau pulang ke KL.

Welcome to the greatest hotel in the world πŸ™‚

Kami sulap jadi tempat tidur πŸ˜€

Habis dzuhur saya dan temen saya mulai jalan lagi, kami cari tempat penukeran uang. Saya nukerin dollar Singapore yang gak kepake, lumayan buat tambah-tambah hehe. Kalau mau tuker uang di Hat Yai datang saja ke Kompleks Lee Garden, disana penukaran uang lumayan banyak dan kita pun bisa membandingkan rate antara tempat yang satu dengan tempat lainnya. FYI, jangan tuker duit rupiah disini, karena anjlok banget jadinya. Urusan tuker menukar selesai, sekarang saatnya kita cuss ke terminal buat beli tiket bis malam ke Bangkok. Sempet deg-deg an sih, semoga aja gak kehabisan.

Untuk menuju stasiun, kami pilih angkutan yang murah meriah, yaitu Song Thew. Satu kali jalan Cuma 10 Baht, kan lumayan daripada pake tuk tuk yang harganya bisa 5x lipatnya per orang. Dari Lee Garden kita jalan aja ke depan pasar Gim Yong, nah nanti disitu bakal banyak Song Thew yang lewat. Kalau mau ke terminal, pilih aja Song Thew biru cerah yang udah pasti berhenti di terminal.

Terminal Hatyai

Beli tiket duluu πŸ˜€

Sampai di stasiun kami langsung beli tiket, untung masih kosong dan dapet murah. Harga tiketnya 554 baht , kalau di rupiahin sekitar 221.600 IDR. Saya dapet bis double decker, tapi gak ada fasilitas toilet dalam bis dan gak dapet makan. Dulu saya dapet harga 700 Baht, dapet makan dan ada toilet dalam bisnya, ya ada harga ada rupa hehe. Bis kami berangkat jam 16.30, nah sambil nunggu saya nyari makan dulu ke 711. Beli nasi instant aja seharga 15 Baht (6000 IDR) terus makannya pake sosis yang saya bekel dari rumah. Lumayan murah kan hihihi, namanya juga berhemat hehe. Begitulah cerita kami yang cuma numpang lewat di Hat Yai, Next destination di Bangkok. See you in Bangkok!!!